Wali Kota Surabaya Sebut Sarana Prasarana Stadion Gelora Bung Tomo Siap untuk Piala Dunia U-17

TEMPO.CO, Jakarta – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan sarana prasarana serta infrastruktur di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) siap digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17. Turnamen itu dijadwalkan berlangsung di Tanah Air pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Perwakilan FIFA telah meninjau secara langsung kondisi stadion tersebut pada 31 Juli lalu. Menurut Eri, tidak ada perbaikan untuk di dalam stadion.

“Kalau GBT sudah siap, sudah dilihat FIFA. Tidak ada perbaikan,” Eri dalam keterangan di Surabaya, Minggu, 13 Agustus 2023.

“Yang pasti terkait jalan, akses, taman-taman yang sekitar GBT yang akan kami lakukan. Tapi kalau di dalam (stadion), alhamdulillah sudah,” ujarnya menambahkan.

Kalau jalan sudah tidak ada masalah, kata Eri, hanya tinggal dites saja, apakah sampai jalan nyaman untuk dipakai. Sedangkan, dari segi transportasi, akses tol yang langsung menuju Stadion GBT juga siap untuk digunakan. Untuk akses tol itu sudah digunakan sebelumnya saat pertandingan timnas Indonesia di gelar di sana.

“Kami buka tol semuanya. Kalau yang naik motor memang lewat bawah, tapi naik mobil tidak lagi lewat tol Romokalisari, tetapi tol yang keluar langsung terhubung GBT. Juga ada yang tembusan dari Pelindo, ada dua jalur, kita buka semuanya,” kata wali kota Surbaya yang akrab disapa Cak Eri.

Iklan

Di satu sisi, Eri berharap gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia tidak berdampak pada penyelenggaraan Liga 1. Sebelumnya, ada kabar pertandingan Liga 1 akan diliburkan sementara saat kejuaraan itu digelar.

“Semoga ini berjalan terus, sehingga Persebaya (klub Liga 1) bisa main dan Piala Dunia juga bisa main. Bagaimana pun Persebaya adalah timnya arek Suroboyo, sehingga pertandingan kalau bisa (home base) tetap ada di Surabaya,” ujarnya.

Baca Juga  Curhat Lengkap Rodrigo Santan Turun Berat Badan 13 Kg saat Latih RANS Nusantara FC

Untuk menyemarakan Piala Dunia U-17, Eri berencana menggerakkan wisata olahraga dari di tingkat perkampungan dengan menggelar berbagai perlombaan hingga pencarian bibit-bibit unggul di bidang olahraga sepak bola. “Jadi kami lakukan mulai nanti mengawali pada bulan Agustus menyambut HUT ke-78 RI, itu juga akan dilakukan pencarian bakat untuk talenta-talenta sepak bola,” katanya.

Pilihan Editor: Timnas Indonesia Kelompok Umur Lebih Berprestasi? Ini Jawaban Wakil Ketum PSSI Zainudin Amali



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *