Menkes Ingin Pakai Satelit Elon Musk untuk Internet di Puskesmas Terpencil, Ini Kata Menkominfo

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menanggapi pertemuan yang dilakukan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan Elon Musk untuk menjajaki kemungkinan kerja sama dengan pemerintah Indonesia. Melalui pertemuan itu diharapkan Starlink, jaringan satelit milik Elon Musk, dapat menyediakan akses internet di puskesmas daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Menurut Budi Arie, Menkes Budi Gunadi Sadikin sudah menginformasikan kepadanya bahwa ada puskesmas yang tidak memiliki akses internet. “Pak Budi Gunadi Sadikin memang sudah bicara. Sudah serahkan ke gugus tugas termasuk operator selular dalam hal ini Telkom untuk segera diselesaikan,” ujar Budi Arie dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Agustus 2023. 

Namun, itu sifatnya lebih kepada business to business atau B2B antara sektor kesehatan dengan operator selular. Budi mengatakan yang pasti pihaknya tetap mendukung yang dilakukan Kementerian Kesehatan supaya fasilitas atau sarana konektivitas untuk puskesmas ini bisa terwujud. 

“Memang salah satunya solusinya pakai Starlink, karena daerah-daerah puskesmasnya di daerah terpencil,” tutur Budi Arie.

Sementara, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pertemuan dengan Elon Musk merupakan upaya untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di tanah air. Dia menjelaskan puskesmas sebagai garda terdepan untuk menciptakan masyarakat yang sehat harus dipastikan infrastrukturnya memadai. 

“Saat ini, dari 10 ribu lebih puskesmas yang ada, masih ada sekitar 2.200 puskesmas dengan 11.100 puskesmas pembantu yang belum memiliki akses internet,” ujar dia dalam konferensi per di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Agustus 2023. 

Iklan

Dengan peningkatan konektivitas internet, Budi mengharapkan dapat membuka akses yang lebih baik ke layanan kesehatan. Adanya akses komunikasi antar daerah akan lebih mudah sehingga pelaporan dari fasilitas pelayanan kesehatan bisa tepat waktu. Aktivitas ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia.

Baca Juga  4 Serba-serbi Mask Girl, Drama Korea Terbaru Tayang di Netfilx

“Dengan adanya akses internet, konsultasi layanan kesehatan dapat dilakukan secara online. Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan lewat pelatihan jarak jauh juga bisa dilakukan,” kata Budi.

Untuk diketahui, Starlink adalah nama jaringan satelit yang dikembangkan oleh perusahaan penerbangan luar angkasa swasta SpaceX untuk menyediakan internet murah ke lokasi terpencil. Starlink adalah satelit pertama dan terbesar di dunia dengan konstelasi menggunakan orbit bumi yang rendah untuk menghadirkan internet broadband yang mampu mendukung aktivitas online.

Saat ini, fasilitas layanan kesehatan di Filipina, Rwanda, Mozambik, dan Nigeria juga telah menggunakan Starlink.

MOH KHORY ALFARIZI | MARIA FRANSISCA LAHUR



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *