Liga Arab Saudi Diklaim Ronaldo Lebih Baik dari MLS, Ternyata Rankingnya Tertinggal Jauh

Megabintang Portugal Cristiano Ronaldo belum lama ini sempat mengklaim Liga Arab saudi atau Saudi Professional League lebih baik dari Liga Amerika Serikat atau MLS.

Sebelum itu, pecinta sepak bola banyak yang terkejut dengan kepindahan Lionel Messi ke Major League Soccer (MLS) dengan bergabung ke Inter Miami.

Keputusan Lionel Messi ke Inter Miami itu berbarengan dengan penolakan tawaran fantastis La Pulga untuk berkarier di Al Hilal untuk kemudian bermain di Arab Saudi.

Seiring kabar penolakan Messi atas Al Hilal itu, banyak yang menggoreng jika MLS jauh lebih punya daya tarik ketimbang Liga Arab Saudi yang punya finansial lebih kuat.

Baca Juga:Dibayar 4 Kali Lipat dari Gaji Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe Kekeh Tolak Al Hilal

Meski demikian, anggapan berbeda datang dari rival Lionel Messi abadi, Cristiano Ronaldo. Ia mengklaim Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS.

Pernyataan Ronaldo itu menjawab kemungkinan Ronaldo bermain di MLS menyusul Messi yang lebih dulu bergabung di Inter Miami.

“Liga Arab Saudi lebih baik ketimbang MLS. Sekarang, semua pemain datang ke sini. Dalam satu tahun, akan banyak pemain top datang ke Arab Saudi,” ujar Cristiano Ronaldo dikutip dari The Guardian.

Klaim Cristiano Ronaldo yang menyebut Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS itu pun akhirnya terbukti, menyusul banyaknya bintang Eropa yang menerima pinangan Arab Saudi.

Namun, apakah klaim Cristiano Ronaldo soal Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS itu benar, jika dilihat dari ranking kedua kompetisi tersebut?

Baca Juga:Igor Sanders Pengagum Cristiano Ronaldo yang Bakal Perkuat Timnas Indonesia U-17: Pernah Bobol Gawang Ajax

MLS Lebih Unggul dari Liga Arab Saudi

Baca Juga  Persib vs Bali United Berakhir Imbang di Debut Bojan Hodak

Melansir laman Team Form, jika melihat ranking kompetisi dunia, maka Major League Soccer (MLS) mempunyai ranking lebih baik dari Liga Arab Saudi.

Dilihat dari rankingnya, MLS kini ada di urutan ke-56, usai turun dari peringkat ke-54 pasca digusur oleh J1 League per 31 Juli 2023 lalu.

Sementara, Liga Arab Saudi justru stabil di peringkat ke-68 di bawah kompetisi seperti League One (kasta ketiga Inggris) dan Primera Division (kasta teratas Venezue).

Selain itu, jika dilihat dari laman Football Ranking Fandom, MLS menduduki peringkat ke-37 di belakang K1 League (Liga Korea Selatan). Kemudian Liga Arab Saudi berada di peringkat ke-39.

Meski demikian, ranking tersebut bisa saja berubah seiring pamor yang dimiliki setiap kompetisi dan prestasi klub-klub di dalamnya di ajang internasional.

Diketahui, MLS memiliki ranking tinggi ketimbang Arab Saudi karena pamornya lebih dulu naik seiring banyaknya bintang top dunia dibawa ke Amerika Serikat.

Sederet nama seperti Pele yang pernah bermain untuk New York Cosmos, lalu David Beckham, Thierry Henry, Frank Lampard, Andrea Pirlo, hingga Steven Gerrard sudah lebih dulu bergabung sebelum Lionel Messi.

Sedangkan Liga Arab Saudi sejatinya sudah memboyong bintang top sejak lama. Tapi, geliatnya dalam memboyong bintang kelas wahid baru terjadi dalam setahun terakhir.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *