10 Film Kemerdekaan Indonesia Tentang Perjuangan Sebelum dan Setelah Proklamasi

TEMPO.CO, Jakarta –  Bulan Agustus selalu identik dengan hal-hal yang berhubungan dengan perjuangan dan kemerdekaan. Pada bulan ini diperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan pada 17 Agustus 1945. Setiap tanggal itu, selalu ada berbagai cara untuk merayakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, salah satunya dengan menonton film perjuangan para pahlawan. 

Film yang mengambil latar tentang kemerdekaan dapat memotivasi penonton untuk menyerap semangat perjuangan pahlawan. Film-film ini juga dapat mengajarkan tentang nilai-nilai nasionalisme dan cinta Tanah Air. Selain itu, terdapat juga berbagai kisah yang diangkat tentang konflik yang terjadi menjelang maupun pasca Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 17 Agustus 1945.

Apa saja daftar 10 film kemerdekaan Indonesia? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kadet 1947 (2021)

Film kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah Kadet 1947. Film yang tayang perdana pada 2021 lalu ini mengangkat kisah tentang peristiwa Agresi Militer Belanda I setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Diceritakan, terdapat sekelompok kadet dari sekolah penerbangan Angkatan Udara di Maguwo, Yogyakarta yang berambisi menjaga Indonesia dari Belanda. Pasalnya, setelah perang Dunia II berakhir, Belanda kembali mencoba merebut Indonesia dengan menghancurkan sarana-sarana yang dimiliki Indonesia.

2. Perburuan (2019)

Film Perburuan merupakan adaptasi dari novel populer karya sastrawan, Pramoedya Ananta Toer berjudul sama. Perburuan mengambil latar cerita enam bulan setelah kegagalan PETA melawan tentara Jepang. Shodancho PETA yang bernama Hardo terpaksa harus bersembunyi di hutan setelah diburu oleh tentara Jepang dan Belanda. Dia pun menemukan fakta pengkhianatan yang dilakukan oleh sahabat serta ayah tunangannya.

Film Perburuan

3. Jenderal Soedirman (2015)

Film ini mengangkat cerita tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin pasukan perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Meski menderita penyakit paru-paru, namun Jenderal Soedirman tetap memimpin perang selama tujuh bulan dan menjadikan Jawa sebagai medan perang gerilya yang luas. Perjuangan Jenderal Soedirman pun membuahkan hasil kemenangan bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga  Klasik, 5 Artis Ini Pakai Narkoba Karena Alasan Depresi

4. Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya merupakan film Kemerdekaan Indonesia yang berbentuk animasi. Film ini mengangkat latar pertempuran 10 November di Surabaya. Dikisahkan, ada seorang anak bernama Musa yang ikut berperang dengan tugas sebagai kurir bagi arek-arek Suroboyo dan TKR. Meski tergolong masih kecil, tetapi Musa sangat gigih untuk mempertahankan Indonesia dari penjajah.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Guru Bangsa: Tjokroaminoto bercerita tentang perjuangan Oemar Said Tjokroaminoto yang melihat kemiskinan masyarakat setelah Tanam Paksa dan Politik Etis pada 1900-an. Dia pun meninggalkan status kebangsawanannya dan memilih bekerja sebagai kuli pelabuhan. Dia kemudian membangun organisasi Sarekat Islam yang menjadi organisasi bumiputera pertama terbesar di Indonesia. Selain itu, dia juga berjuang untuk menyamakan hak dan martabat rakyat.

6. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Iklan

Poster film Soekarno. Foto: Netflix.

Film ini menceritakan tentang perjuangan presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Bahkan, detail peristiwa seperti pengasingan Soekarno dan detik-detik proklamasi pun dihadirkan dalam film ini. Selain tentang perjuangan, film ini juga mengisahkan perjalanan hidup Soekarno dari kecil. 

7. Hati Merdeka (2011)

Hati Merdeka adalah film ketiga dari Trilogi Merdeka. Film ini mengisahkan tentang empat gerilyawan yang kehilangan salah satu anggota kelompoknya. Tanpa memiliki pemimpin, mereka pun diselimuti dengan kesedihan. Tetapi, mereka kemudian membawa dendam untuk melakukan misi-misi berikutnya.

8. Darah Garuda (2010)

Ini merupakan film kedua dari Trilogi Merdeka. Darah Garuda mengambil latar cerita mengenai peristiwa Agresi Militer Belanda I di Jawa Tengah. Setelah selamat dari pembantaian tentara Belanda, empat sekawan yang merupakan kadet ini pun kemudian menjadi tentara dan berperang gerilya di pedalaman. Berbagai konflik pun mewarnai perjalanan mereka sebagai gerilyawan.

Baca Juga  HANYUJIN link video twitter

9. Merah Putih (2009)

Merah Putih adalah film pertama dari Trilogi Merdeka. Film ini menceritakan tentang empat sekawan yang menjadi kadet dan gerilyawan. Setelah kemerdekaan dibacakan, mereka berjuang untuk mengalahkan Belanda dan merebut markas penjajah. Selain tentang perjuangan, film ini juga banyak mengangkat tentang sisi persahabatan para karakternya. 

10. Tjoet Nja’ Dhien (1988)

Film Tjoet Nja’ Dhien. Foto: Netflix.

Film kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya Tjoet Nja’ Dhien. Film ini berkisah tentang perjuangan wanita asal Aceh, Tjoet Nja Dhien saat melawan penjajah Belanda pada masa perang Aceh. Meski suaminya telah meninggal dunia karena terbunuh, Tjoet Nja’ Dhien tetap melanjutkan perjuangannya bersama teman-temannya untuk melakukan perlawanan kepada Belanda di Aceh.

Itulah 10 film kemerdekaan Indonesia yang mengangkat kisah perjuangan sebelum dan setelah proklamasi. Semoga bermanfaat.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Rekomendasi Film Sejarah Kemerdekaan, Cocok Jadi Inspirasi Role Model Generasi Z



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *