Simak 6 Tips Tangkal Kejahatan Perbankan Ala OJK


Jakarta, CNBC Indonesia – Seiring semakin canggihnya teknologi, kejahatan siber juga semakin marak dengan berbagai modus barunya.

Modus kejahatan perbankan pun senantiasa mengintai, dengan memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun membagikan tips agar rekening Anda tetap aman dan terhindar dari pembobolan. Mengutip postingan Instagram resmi OJK pada Selasa (7/25/2024), berikut enam tips menjaga keamanan rekening.

-Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan.

-SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut. Cek histori rekening atau saldo secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.

-Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

-Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi Publik atau Free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

-Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama lbu kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

-Berhati-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.

Baca Juga  AS & China Jadi Perhatian Lagi, Gimana Nasib Rupiah Hari Ini?

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bos OJK: Pemilu Momentum Lembaga Keuangan Lari Cepat hingga Akhir 2024

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *