MIND ID Kuasai Saham INCO, BUMN Amankan Kursi CEO & Direktur SDM


Jakarta, CNBC Indonesia – Holding BUMN Pertambangan, MIND ID bakal mengamankan kursi Direktur Utama dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) di PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Hal tersebut menyusul penandatanganan perjanjian transaksi definitif akuisisi saham 14% INCO yang dilakukan di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso memastikan bahwa posisi Direktur Utama dan Direktur SDM akan diisi oleh orang-orang yang berasal dari MIND ID. Sementara, untuk kursi direksi lain bakal dipilih bersama dengan pemegang saham lainnya.

“CEO nya dari kami MIND ID, HR [human resources] direkturnya dari MIND ID juga nantinya,” Kata Hendi di Jakarta dikutip Selasa (27/2/2024).

Hendi memastikan pihaknya telah membatalkan ketentuan block voting agreement antara Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM). Dengan begitu, posisi MIND ID bakal semakin kuat setelah akuisisi 14% saham INCO.

“Block voting sudah hilang, sudah kita batalkan,” ujarnya.

Hendi mengungkapkan dengan nilai transaksi yang berada di angka Rp 3.050 per lembar saham, maka perusahaan menyiapkan dana sekitar US$ 300 juta atau Rp 4,69 triliun (asumsi kurs Rp 15.656 per US$). Adapun pembayaran akan dimulai pada bulan Juni.

“Nilainya Rp 3.050 per lembar kira kira US$ 300-an juta tapi itu ada yang langsung primary ada yang secondary,” kata Hendi.

Setelah transaksi selesai, MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar dengan total kepemilikan 34%. Sementara itu, VCL dan SMM masing-masing akan memiliki 33,9% dan 11,5%. Sedangkan sekitar 20,6% masih dimiliki publik melalui Bursa Efek Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]

Baca Juga  ini Tujuan BNI Siapkan Dana Tunai Rp22 T Jelang Libur Natal



Artikel Selanjutnya


MIND ID Ambil 14% Saham INCO, RI Jadi Pemegang Saham Terbesar

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *