Kepada Pemilik Emas, Ini Perbedaan Cetakan Antam dan UBS

Jakarta, CNBC Indonesia – Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang dianggap sebagai ‘safe haven’. Sebab, emas memiliki nilai yang sejalan dengan inflasi untuk jangka waktu yang lama.

Sementara itu, hari ini harga emas lagi-lagi gagal mempertahankan level US$ 2.000. Harga emas sempat menyentuh level psikologis US$2.000 per troy ons pada perdagangan kemarin sebelum akhirnya ditutup melemah di level US$1.989 per troy ons. Pelemahan terjadi seiring penguatan dolar AS.

Pada perdagangan Rabu (22/11/2023) harga emas di pasar spot ditutup melemah 0,43% di posisi US$ 1.989,72 per troy ons.

Hingga pukul 06.30 WIB Kamis (23/11/2023), harga emas di pasar spot bergerak lebih tinggi atau naik 0,06% di posisi US$ 1.990,98 per troy ons.

Harga emas turun di bawah level kunci US$2.000 per troy ons pada perdagangan Rabu karena dolar AS rebound dari posisi terendah dan imbal hasil Treasury AS mengurangi kerugiannya, sementara ekspektasi bahwa The Federal Reserve (The Fed) akan menghentikan kenaikan suku bunga membatasi penurunan harga emas batangan.

Adapun bila ingin membeli emas, di Indonesia dapat melalui Antam atau UBS. Keduanya sama-sama memiliki kadar emas 99,99%, namun ada sejumlah perbedaan.

Lantas, apa saja perbedaannya?

Produsen

Emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), sedangkan emas UBS adalah hasil produksi PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

ANTM sendiri merupakan perusahaan BUMN. Sementara PT UBS adalah perusahaan swasta. Berbeda dengan ANTM, UBS tidak hanya berfokus dalam produksi emas batangan, perusahaan itu juga memiliki brand perhiasan, yakni Venus dan Starshine.

Sertifikat

Emas Antam memiliki keunggulan, yakni memiliki sertifikat standar London Bullion Market Association (LBMA). Dengan sertifikasi itu, pemilik emas Antam dapat menjualnya di pasar global.

Baca Juga  10 Saham Ini Kompak Dibuang Asing Kala IHSG Balik ke Level 7.300

Sedangkan emas UBS menyediakan sertifikat nasional dari UBS sendiri. Itulah mengapa pangsa pasar UBS masih dalam negeri saja, masih kalah dengan Antam.

Harga

Baik harga emas Antam maupun UBS sama-sama bergantung pada pada beratnya. Namun karena keunggulan sertifikat dan pangsa pasar Antam, harga emasnya lebih mahal dari UBS.

Adapun harga emas Antam seberat 0,5 gram saat ini sebesar Rp614.000. Sementara emas UBS seberat 0,5 gram seharga Rp585.000.

Lokasi Pembelian

Emas Antam dapat dibeli langsung di unit bisnisnya di Pulogadung, Jakarta Timur. Aneka Tambang juga memiliki berbagai toko emas di berbagai kota. Pembelian secara online juga dapat dilakukan melalui www.logammulia.com.

Sementara itu, UBS tidak memiliki unit penjualan khusus. UBS dapat dibeli di toko emas, pegadaian, atau laman www.ubslifestyle.com.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Gara-gara AS, Harga Emas Antam Pekan Ini Kena Diskon

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *