Daftar Emiten Bakrie Bakal Makin Panjang, Satu Lagi Mau IPO


Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten terafiliasi grup Bakrie di bidang jasa pengangkutan laut dan transhipment, PT Ancara Logistic Indonesia Tbk. (ALII) akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Mengutip prospektusnya, ALII menawarkan sebanyak-banyaknya 3.165.160.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp5 per saham atau mewakili sebanyak-banyaknya 20,00% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Adapun harga penawaran berkisar antara Rp268 sampai Rp278 per saham sehingga nantinya ALII akan mendapatkan dana segar sebanyak-banyaknya sebesar Rp879.914.480.000.

Sesuai dengan Surat Keputusan Direksi Perseroan tentang Program Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation atau ESA) No. 0260/ALI-LGL/XII/23 tanggal 1 Desember 2023, Perseroan mengadakan program ESA dengan jumlah sebanyak-banyaknya 29.860.000 saham atau sebanyak-banyaknya 0,94% dari Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum.

Dalam memuluskan aksi korporasi ini, ALII menunjuk PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Samuel Sekuritas Indonesia sebagai penjamin dan pelaksana emisi efek.

Nantinya, hasil IPO ALII sekitar 20,64% akan digunakan untuk belanja modal (Capital Expenditure) guna menunjang kegiatan usaha utama perseroan.

Sementara sebagian besar akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja (Operational Expenditure) dalam rangka menunjang kegiatan operasional Perseroan antara lain termasuk namun tidak terbatas untuk pembelian bahan bakar, pembayaran jasa operator kapal, pembayaran jasa keamanan, pembayaran jasa operator alat berat dan lainnya.

Nama keluarga Bakrie pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Begitu pula dengan beragam lini bisnis yang dimiliki. Hingga kini, emiten yang terafiliasi dengan Bakrie Group telah mencapai 11 perusahaan di Bursa Efek Indonesia. 

[Gambas:Video CNBC]

Baca Juga  Saham GOTO Ambles 14% Dekati Level Gocap


Artikel Selanjutnya


Emiten Salim-Bakrie Bidik Produksi Emas 4.000 Ton Per Hari

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *